Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

5 Tips Menjadi Jomblo Konsisten

Ssstt… jangan keras-keras bilang jomblonya, malu sama tetangga!

Sudahlah, akui kejombloan ini sebagai berkah hidup yang luar biasa. Karena tidak semua orang mampu menghadapi nasib seperti anda. Berapa lama anda menjomblo, bisa menjadi sebuah ukuran, seberapa kuat anda menghadapi rintihan hidup yang sering tersembunyi di balik senyum dan tawa. Dan saya sangat paham, betapa perihnya ketika berada dalam komunitas, kelas, maupun sekedar kumpul dengan teman di warung, anda menjadi sasaran empuk untuk di bully oleh teman-teman yang sudah sukses menggandeng para pria ganteng atau cewek cantik. Bahkan saya pun sangat paham, ketika anda sudah terkena bully mereka, maka kecamuk hati turut bicara, “Jancok! Jangan mentang-mentang sudah ada yang digandeng lalu menghina orang seenaknya, Awas saja jika nanti..” Please.. jangan lanjutkan kecamuk itu. Sebenarnya mereka hanya ingin bercanda dan ingin memotivasi anda agar sesegera mungkin mendapatkan pasangan.

Dengarkan, wahai jomblo yang budiman. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui perihal kejombloan yang sampai sekarang masih dikeluhkan. Saya sering mendengar perkataan teman-teman yang tentunya senasib dengan anda, bahwa mereka bahagia dengan status yang dijalaninya. Bagaimana bisa? Ada mindset yang bagus dalam menafsirkan keadaannya yang justru berbeda dengan anggapan umum. Jomblo, disyukuri sebagai sarana untuk mengekang diri dari berbagai kerugian-kerugian. Sehingga bisa menjalani statusnya secara konsisten.

Oke, mungkin anda perlu mengamalkan ijazah “Salima” ini; Sabar, Samar, Sadar, Sasar dan Sandar.

Sabar

Sabar perlu anda amalkan, ketika pertama kali mendapatkan ejekan atau sindiran dari teman tentang kejombloan anda. Karena perintah sabar tidak hanya diperuntukkan ketika mendapatkan ujian yang bernuansa ibadah saja, tetapi akibat kejombloan anda juga perlu bersabar. Doronglah hati anda untuk senantiasa menerima seluruh ketentuan Tuhan, qonaah.

Sebenarnya, anda juga sering mendengarkan ceramah-ceramah yang intinya adalah bersabar. Seperti kata-kata bijak “semua ujian pasti ada jalannya, dan di balik semua ini pasti ada hikmahnya” dan sebagainya. Tapi, ustadznya tidak memihak pada status anda yang sedang jomblo. Karena ustadznya juga mungkin belum tahu bahwa jomblo adalah ujian manusia juga, haha. Tapi lagi, bukan berarti saya di sini sebagai ustadz para jomblo. Hanya saja, saya mempunyai sisi keprihatinan bagi pola pikir mereka yang masih menganggap bahwa jomblo itu buruk.

Samar

Bilang sabar doang sih gampang, tapi ngelakuiinnya yang sulit!

Oke oke. Pertama mencoba memang sulit. Jadi, lakukan langkah yang ke-dua ini, Samar. Penyamaran ketika bergaul perlu anda lakukan. Ketika teman anda mengasihani gara-gara jomblo, maka tampakkan padanya bahwa anda fine-fine saja dengan kejombloan. Karena, ketika anda menampakkan kesedihan, maka percayalah! Mereka akan semakin besemangat untuk membully anda.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Freud memberikan penjelasan tentang Self Defence Mecanism atau sistem pertahanan diri. Samar inilah yang menjadi pertahanan anda untuk menepis semua ujian yang datang dari mulut-mulut tak bertanggung jawab itu.

Sadar

Jika anda sudah lulus pada step yang pertama dan kedua, lakukan langkah yang ke-tiga ini, sadar. Perlu diketahui, bahwa manusia secara esensinya adalah sebuah proses menuju ke-menjadian, itu kata Martin Heidegger. Artinya adalah dalam perjalanan hidup, manusia melalui ribuan proses untuk menjadi manusia yang utuh, yang sesuai dengan segenap komponen fisik maupun psikis dalam dirinya.

Dalam konteks jomblo, hal yang harus disadari adalah; ternyata jomblo merupakan status yang paling mulia diantara para pemuda jaman sekarang. Berapa banyak pemuda yang sudah terjerumus dalam pergaulan bebas? Seks bebas? Pelukan bebas? Ciuman bebas? Sampai akhirnya mereka pun nangis-nangis karena perutnya membesar, eh ternyata sudah ada bayinya, dan bapaknya tak tahu siapa!

Hayo? Bukankah menjomblo adalah suatu langkah yang tepat daripada ngebet punya pacar tetapi berujung pada kejadian di atas. Hidup manusia adalah sebuah misi untuk menuju akhir yang mulia, sehingga dalam perjalanannya pun harus memilih jalan yang baik lagi benar. Mending jomblo sampai halal, itu lebih baik. Karena menikah adalah sunnah Nabi Muhammad SAW yang sangat dianjurkan, muakad. Makanya, jika sudah bosan dengan kejombloan anda, menikahlah! Jangan pacaran!

Sasar

Sasar dalam KBBI adalah tempat berlatih. Sehingga, status anda yang sekarang merupakan tempat untuk melatih diri untuk menemukan kemenjadian menuju manusia yang sesungguhnya. Manusia dihidupkan oleh Tuhan di dunia, hanya untuk beribadah kepada-Nya. Wama Kholaqtul jinna wal insa illa liya’buduun, dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah.

Bagaimana bisa beribadah dengan baik, jika masih saja pandang-pandangan, pegang-pegangan, kapan Allah mau meridhoi, bahkan sampai maut menghampiri. Maka, kejombloan ini adalah manifestasi dari prinsip Jihad Nafsu, mengekang nafsu untuk tidak melakukan kemaksiatan kepada lain muhrim.

Sandar

Ibarat pohon, ini adalah akar yang akan menahan semua terpaan yang datang. Jika dalam hidup anda, segalanya sudah tersandarkan kepada Allah semata, niscaya anda akan menikmati dengan sebenar-benarnya nikmat dalam dunia ini. Karena anda tidak perlu pacar, tidak perlu TTM, tidak perlu cewek cantik atau cowok ganteng untuk membuat hidup anda bahagia. Hanya cukup Sang Maha Pengasih dan Penyayang yang akan membuat anda terkasihi dan tersayangi di dunia ini, dan semoga akhirat kelak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bagaimana para jomblo yang budiman? Sudah siapkah anda untuk tetap konsisten menjalankan keaktoran anda di atas panggung sandiwara ini? Ingatlah kata Sujiwo Tedjo, “Sebenarnya, Tuhan bukanlah Sang Raja Cinta, melainkan Cinta yang Meraja.”

Cukup sekian, mudah-mudahan anda menjadi jomblo yang bertaqwa, Aamiin.

Comments

Kamu juga membaca..

Labil

Sebenarnya saya sedang mengganggu teman yang sedang mengerjakan skripsi. Alasannya simple, yaitu, selain dia bertambah tidak asyik, saat sedang mengerjakan skripsi, status jomblonya naik...

Labil

Tanya, Anisa (25) Assalamualaikum kakak, kenapa sih saya sampai saat ini masih jomblo.. padahal teman-teman saya se kost sudah pada punya pacar. Saya selalu...

Inspirasi

Lelaki bertubuh bontor itu bernama Prabowo Subianto, sejak Isu penggulingan Jokowi dinaikkan di media, alih-alih namanya mencuat sebagai presiden pengganti Jokowi. Ingatan saya kembali...

Kritik Serius

Genderang modernitas sudah menyelinap demikian riuh di celah paradigma masyarakat. Garis global, sudah memetakan batasan-batasan ideal yang harus real di setiap praktik sosial. Dan...

Community

Setiap laki-laki dan perempuan pasti memiliki rasa cinta terhadap apa yang mereka suka (lawan jenis). Jika setiap laki-laki dan perempuan saling suka maka akan...

Advertisement