Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

5 Unsur Pemuda Hebat, versi Ron Kaufman

Pemuda, Yang digadang-gadang selalu menjadi pilar kebangkitan bangsa. Salah satu bagian terpenting di setiap masa, sekaligus menjadi tantangan yang harus dimonitoring secara arif dan bijaksana.

Sebagaimana kata Bung Karno, pemuda dapat mengguncang dunia. Tidak tanggung-tanggung,  dalam sejarah telah terbukti bahwa pemudalah yang berperan banyak.

Maka dari itu, sampai kapanpun yang namanya pemuda akan menjadi garda terdepan di dalam satu hal, dan teruntuk pemuda hari ini; Lima unsur ini mungkin adalah hal sederhana, sebagian dari anda juga mungkin mengatakan bahwa ini hanya teori belaka. Lalu, ingin segera menutup halaman ini dan tidak melanjutkan membaca sampai selesai.

Ok, tidak apa-apa. Itu hak anda dan saya hanya ingin menyampaikan bahwa dengan membagikan sesuatu yang bermanfaat, tidak asal buat, apalagi sampai menyesatkan itu akan menjadi sesuatu yang berharga, setidaknya itu untuk diri saya dan saat ini serta seterusnya akan saya lakukan.

Katanya sekarang zamannya hoax, itu persepsi yang timbul dari perasaan saja. Karena kata Rocky Gerung hoax itu akan hilang dengan sendirinya apabila frekuensi kecerdasan IQ lebih tinggi berita yang beredar nggak jelas itu.

Nah, hari ini kita akan berbagi tentang lima unsur yang mencerahkan untuk hidup yang lebih bermanfaat.

Tidak hanya untuk pribadi dan orang lain namun juga perusahaan anda, atau paling tidak jika saat ini belum punya, maka bermimpilah. Apapun itu dimulai dari pikiran. Termasuk lima unsur ini disampaikan oleh Ron Kaufman dalam setiap layanannya sebagai konsultan customer service agar pemuda menjadi tercerahkan.

Terbukti lima unsur mantra itu mujarab bagi pasiennya di seluruh dunia.

Apa saja lima unsur tersebut? Mari kita lanjut.

  1. Mengapa

Diawali dengan kata mengapa, sebuah kata tanya yang dalam bahasa indonesia termasuk dari salah satu 5W+1H (what, where, when, why, who and how).

Kemudian digabung dengan beberapa kata yang kelak menjadi mengapa menerapkan layanan yang mencerahkan? Mengapa memperbaiki layanan?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tiap orang atau perusahaan mungkin boleh menjawabnya dengan beragam, namun prinsipnya kata tersebut dipilih dengan maksud agar jawaban yang dihadirkan nantinya akan menjadi fokus daripada tujuan, yang kelak dapat menjadi dasar dalam tindakan.

Entah bagaimana tindakan itu dilakukan,  atas nama pribadi atau perusahaan. Apapun itu, ketika dasarnya kokoh maka seperti bangunan yang kuat dan menawan.

Selain itu, dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan semacam itu, kita akan lebih mudah bertindak tanpa banyak alasan yang tak layak diucapkan. Serta tidak akan ada alasan untuk menunda lagi apa yang harus dilakukan.

Sehingga prioritas itu hadir, untuk apa? Apa lagi kalau bukan memberi arti? Dan hari ini murupakan waktumu para pemuda untuk beraksi.

  1. Memimpin

“Layanan yang mencerahkan tidak dibangun di atas kebijakan yang kaku dan didekte oleh atasan atau yang dikendalikan oleh prosedur rancangan manajer” kata Ron dalam bukunya.

Yang apabila sesekali melakukan itu bukan sesuatu yang fatal, namun lebih baik hal tersebut tidak dicoba-coba.

Di sini peran pemimpin itu diuji cara memimpinnya, di sini juga pemuda akan diuji cara belajarnya, dari sejarah yang mungkin sebagian kisah terulang dan tercatat dalam lembaran sejarah. Sedangkan masa depan selalu menjadi rahasia yang penuh kejutan.

Lalu, jika benar pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan. Maka mengambil prakarsa hari ini harus segera diwujudkan dalam tindakan. Di mulai dari langkah kongkrit, sesuatu yang dianggap kecil, akan lebih baik lagi disertai dengan disiplin.

Belajar peka terhadap situasi dan kondisi masa kini, tanggap terhadap tantangan zaman dan berani memaksimalkan peluang-peluang baru dengan cara positif.

Boleh jadi caranya biasa-biasa saja namun dari level dan sudut pandang fungsional yang berbeda. Bisa?

  1. Membangun

Kita sepakat bahwa masing-masing pribadi ataupun perusahaan memiliki struktur berbeda. Pada titik-titik tertentu ada sesuatu yang tidak mungkin dibedakan tanpa perbaikan.

Apa itu? Layanan. Ya, setiap pribadi atau perusahaan pasti berinteraksi dan dari interaksi tersebut layanan masing-masing akan tampak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Baik atau sebaliknya? Yang terlibat interaksi-lah yang lebih pas untuk menjawab.

Oleh karena itu, membangun sesuatu yang mengesankan dan membuat nyaman tidak mungkin akan membuat kita menjadi lemah.

Sebaliknya ia akan menjadi power dalam sisi lain, yang rupanya abstrak namun nyata dan dapat dirasakan dalam interaksi sosial.

So, membangun itu penting. Untuk pemuda silahkan bangun personal yang baik, jika kelak beruntung anda akan membangun perusahaan dengan hebat dan berkelas.

Semua dimulai dari sini dan saat ini, dari diri sendiri. Siap? Harus.

  1. Belajar

Poin yang cukup familiar, sayang dalam beberapa dekade terakhir mulai terbentuk persepsi sempit dalam mayoritas masyarakat terhadapnya, dengan artian bahwa belajar hanya di bangku sekolah saja.

Padahal, kalau mau memperhatikan lebih detil sedikit saja. Seperti membuang air besar (BAB) misalnya, itu tidak sembarangan, ada ilmunya.

Coba ingat, adakah pelajaran di sekolah yang mengajarkan bahwa BAB itu harus ke WC? Kalau BAB harus di siram? No, tidak ada.

Lalu kita tahu dari mana? Ilmu yang tanpa sadar kita telah menganggapnya bukan ilmu?

Ini harus digaris bawahi, belajar tidak se-sempit ruang kelas, dan pemuda harus tahu ini.

Masa depan menanti pemuda dengan belajar-nya yang tidak monoton, tidak kaku namun tetap dalam rambu-rambu dan etika.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  1. Mengarahkan

Ini adalah unsur ketika kelak pemuda bisa melewati empat unsur yang sebelumnya, tidak serta merta meninggalkan disekitar atau generasi selanjutnya sendirian.

Ia sadar bahwa otoritas dan diktean berlebih tidak akan pernah menjadi baik dalam pengembangan layanan. Dalam bidang usaha apapun itu dan di manapun.

Oleh karena itu, Ia sudah selayaknya melakukan inisiatif baru. Mendampingi bukan menggurui, mengarahkan bukan memaksakan.

Sehingga dampak yang ditimbulkan dari dedikasi pemuda itu menjadi jalur eksperimen apik perpaduan dari wawasan dan moral.

Kamu juga membaca..

Inspirasi

Gaji 2-3 juta sebulan lebih dipilih, daripada hanya sekedar jadi buruh kuli atau hanya sekedar ternak dan bertani.

Community

Selamat kuucapkan. Berbahagialah rencana Tuhan lebih besar dari keinginanmu. Berbahagialah seperti bayi - bayi ibu yang terlahir.

Inspirasi

Terlepas dari segala ke-awam-anku tentang hadits dan sumber-sumber kitab, aku tetap ingin mengetahuimu, Rasul, hingga mendalam. Aku sudah mencicipi bangku pesantren, beberapa tahun berjalan,...

Inspirasi

Panggung sudah menipumu, eksistensi palsu ibarat bius yang mematikan saraf kaki realitas.

Kritik Serius

“Sampai kapan kita akan melawan penjajah dengan pertumpahan darah, jika kita tidak segera bergegas untuk melawan di wilayah pengetahuan?”

Community

"Kita boleh pintar berdebat dalam teori mata perkuliahan, tapi orang sukses sedikit sekali berbicara dia lebih menyimpan kepintarannya, serta lakukanlah sesuatu yang besar dan...

Inspirasi

Sekarang banyak caleg muda, entah dari partai apa, mayoritas poster yang dipajang seumuran denganku dan aku tidak mau menilai itu jelek atau ganteng karena...

Community

Hai gaes, apakah kemarin kamu ikut merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober? Kalau saya sengaja tidak ikut merayakannya. Semua...

Community

Buat apa pendidikan formal, jika hanya melahirkan generasi dungu. Kau tahu, bahwa program pendidikan dan kurikulum yang demikian, hanya mampu melahirkan “manusia instan”.

Inspirasi

Kau pun harus ingat dengan sindiran ini, “Banyak orang bertanya, bisnis apa yang bagus?” dan begini jawabannya, “Bisnis bagus adalah yang dibuka, bukan ditanya...

Advertisement